Gejala / Gangguan Kecemasan

Seperti Apa Gejala Kecemasan?

Gejala kecemasan atau ciri kecemasan bisanya timbulnya rasa khawatir berlebih tanpa bisa dikontrol, merasa diancam oleh orang-orang sekitar dll. Anda akan kami jelaskan lebih dulu tentang pengertian kecemasan menurut istilah dan etimologi. Setelah itu kemudian kami akan berikan pemaparan dengan detail tentang gejala kecemasan.

Gangguan-kecemasan

Gejala fisik yang disertai rasa tegang dalam setiap aktivitas sehari hari biasa disebut dengan kecemasan berlebih. Ketegangan itu di karena akibat adanya problem atau masalah di masa lalu yang terbawa hingga sekarang atau juga disebabkan karena tidak adanya keseimbangan horman didalam otak. Gangguan kecemasan berlebih dapat timbul berbarengan dengan gejala depressi dan ketakutan (fobia) sosial. Ciri atau gejala yang dapat ditimbulkan dari kecemasan berlebih ialah tidak mampu mengkontrol rasa khawatir, kekhawatiran berlebih atas suatu aktivitas, merasa cepat capek, susah fokus, sering tegang, tidak mampu tidur tepat waktu, konsentrasi sulit, kadang juga disertai dengan jantung berdebar kencang.

Gejala kecemasan dalam sebuah penelitian asal usul kecemasan bersumber pada lingkungan keluarga, pekerjaan sehari-hari, penghasilan keuangan, dan kesehatan. Bukan hanya membuat penderita sulit mengambil sebuah keputusan, akan tetapi setelah mereka menentukan sebuah keputusan mereka akan khawatir terhadap keputusan yang telah mereka tentukan, mereka terus-menerus berfikir khawatir terhadap keputusannya hingga bahkan menjelang tidur. Kekhawatiran inilah yang menjadi penyebab kualitas tidur akan terganggu.

Dan berikut beberapa gejala kecemasan berlebih

Gangguan-kecemasan-3

 

Berikut adalah beberapa gejala kecemasan yang biasa muncul dialami oleh penderita kecemasan berlebih.

1. Rasa Khawatir berlebihan

Salah satu gejala yang muncul dihadapi  penderita generalized anxiety disorder (GAD) ialah, khawatir berlebihan terhadap apapun yang  dijumpai setiap hari, meskipun itu hal yang sepele. Akan tetapi ditanggapi dengan kadar berlebih yang tidak masuk akal. Yang dinamakan penderita GAD yaitu rasa kekhawatiran terus-menerus yang hampir terjadi setiap hari selama setengah tahun.

2. Sulit tidur/ Insomnia

Insomnia adalah kondisi susah tidur, meskipun memejamkan mata namun seolah fikiran masih terjaga. Bukan itu saja penderita insomnia biasanya tiba-tiba terbangun dan tidak mampu tidur lagi. Didalam kondisi terjaga itu selalu berfikir sesuatu yang belum pernah terfakirkan sebelumnya dan itu terus berulang-ulang.  Insomnia atau susah tidur dapat menggangu kesehatan psikis, maupun fisik. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini bisa dikatakan Anda sedang mengalami gangguan kecemasan berlebih.

3. Ketakutan diluar nalar

Ketakutan diluar nalar ini biasanya terjadi tanpa kontrol, tiba-tiba saja terjadi dan terpikir begitu saja. Entah takut naik motor, naik pesawat terbang, atau takut mendengarkan suara hewan, dering handphone semua begitu terjadi tiba-tiba dan hampir dialami setiap hari.

4. Rasa tegang Pada Otot

Rasa tegang pada otot terjadi pada bagian-bagian leher, tangan, rahang, hal ini biasa terjadi pada penderita gangguan kecemasan berlebih. Hal ini dapat diminimalisir dengan olahraga rutin, dan juga relaksasi. Namun meskipun sudah berusaha keras untuk tidak tegang, kondisi serupa akan muncul lagi.

5. Gangguan lambung atau pencernaan

Gangguan kecemasan bisa diartikan sebagai gangguan mental, namun penderita gangguan kecemasan berlebih bisa mengalami gangguan pencernaan, misalnya mag kronik, asam lambung naik, kram, sembelit, diare, kembung, irritable bowel syndrome (IBS). IBS secara teori tidak selalu berkaitan dengan kecemasan, namun biasanya kedua gangguan itu datang bersamaan.

6. Demam panggung

Kemampuan orang berbicara ditempat umum memang berbeda-beda ada yang lantang, lembut atau bahkan tidak terdengar oleh audiens. Itu semua hak yang wajar, yang menjadikan tidak wajar adalah tidak da kemampuan meskipun hanya untuk melangkahkan kaki ke depan atau kupanggung. Bahkan membayangkan saja tidak bisa untuk berbicara didepan umum.

Demam panggung kaitan erat dengan fobia sosial, ketakutan berlebih terhadap pendapat orang kepada diri sendiri. Hal ini sangat menggangu bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang menuntut Anda untuk selalu bertemu klien. Sebaiknya jika Anda sudah mengalami  ketakutan tidak masuk akal atau tidak berani berbica didepan orang sebaiknya segera mecnari solusi.

7. (self-consciousness) Merasa dinilai dan diperhatikan orang lain

Orang yang mengalami Self-consciousness merasa dirinya menjadi pusat perhatian. Bukan seperti artis yang menggagap perhatian itu sebagai bentuk penghargaan atau kekaguman namun menurut pandangan orang yang mengalami kecemasan berlebihan penilaian orang terhadap dirinya sebagai bentuk yang negatif. Nah, munculnya sifat ini akan berdampak buruk dimasa depan, kemungkinannya yang akan terjadi ialah takut kelur kamar dan menarik diri dari pergaulan.  

8. Serangan Panik

Tenang saja orang yang terserang gangguan panik belum tentu mengalami kecemasan berlebih. Namun yang perlu diwaspadai ialah jika serangan panik ini tiba-tiba muncul dan terus berulang setiap hari.

9. Menuntut kesempurnaan / Perfeksionis

Dalam laman ABCnews media pemerintah negara Australia menyebutkan “Jika Anda terus menyalahkan diri Anda atau Anda sering cemas atau takut melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu di bawah standar Anda sendiri, maka Anda bisa jadi terkena gangguan kecemasan”. Benar bukan? Dari menyalahkan diri sendiri dan selalu ingin sempurna menyebabkan kecemasan berlebih karena selalu kurang. Gangguan kecemasan karena perfeksionis bukan hanya terjadi pada orang yang peduli akan penampilan juga pada orang yang gila kerja atau ingin tampil penuh totalitas. Semua itu baik, yang tidak baik ialah jika Anda melakukan sesuatu atau orang lain mengerjakan pekerjaan Anda, Anda merasa selalu ada kekurangan, maka Anda perlu waspada.

10. Minder

Minder dan tidak percaya diri ialah yang biasa dialami orang yang mengalami gangguan kecemasan berlebih. Sesuatu hak yang dilakukan selalu tidak percaya diri dan menganggap dirinya tidak mampu.

Untuk menghilangkan kecemasan berlebih Silahkan klik www.terapikecemasan.com