Penyebab Kecemasan

Apa Saja Penyebab Kecemasan?

Penyebab kecemasan yang paling umum menurut para Psikiater dan Terapis ialah bawaan genetik. Dengan hal demikian sering terjadi dalam kehidupan keluarga. Kondisi stress adalah pemicu yang semakin memperburuk kondisi kecemasan penderita.

Lalu apa saja pemicu penyebab kecemasan?

penyebab-kecemasan

Secara tepat dan persis 100% pemicu kecemasan belum dapat diketahui secara pasti. Namun, Banyak penelitian memaparkan hasil kesimpulannya bahwa pemicu penyebab kecemasan tertentu bisa dilihat pemicunya.

Beberapa penyebab kecemasan dapat kami uraikan sebagai berikut:

  • Pemicu pertama ialah gen, gen Inherited bisa menentukan kecenderungan untuk mampu mengalami gangguan kecemasan berlebih.
  • Dalam masalah sex, perempuan lebih rapuh terhadap serangan kecemasan. Sex-wanita lebih rentan terhadap gangguan kecemasan dari pada pria.
  • Berikutnya penyebab kecemasan ialah kondisi tertekan, stress pekerjaan dan atau masalah lain.

Poin ketiga tersebut dapat dilihat pada diri klien dengan Pasca-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Kejadian masa lalau yang menyebabkan trauma seperti contoh pemerkosaan, PHK, pindah rumah atau cedera fisik bisa menjadi pemicu penyebab kecemasan atau ketakutan berlebih dalam hidup sehari-hari.

Selain kejadian trauma, beberapa pemicu lain ialah obat amfetamin, LSD atau narkoba, dan kandungan kafein dalam kopi dapat menjadi pemicu penyebab kecemasan.

Secara patofisiologi apa yang menjadi dasar penyebab kecemasan?

Penyebab-kecemasan-3

Patofisiologi ialah kecemasan yang disebabkan oleh tidak seimbangnya zat kimia neurotransmitter didalam otak manusia.

Serotonin and Noradrenalin adalah dua neurotransmiter yang ada berhubungan dengan  gangguan kecemasan. Keseimbangan neurotransmiter ini mampu memberikan suatu arah ke perubahan secara fisik dan suasana hati dan manifestasi tertentu. Misalnya yang sering umum ialah rendah serotonin serta tinggi noradrenalin. Hal lain yang memainkan peran penyebab kecemasan ialah neurotransmitter  dopamine , hal itu yang menjadi pemicu gangguan kompulsif obsesif.

Jika ada keluhan kecemasan berlebih yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari klik berikut www.terapikecemasan.com