Kecemasan Sosial

Apa Kecemasan Sosial Itu?

Seseorang yang mengalami kecemasan sosial (fobia sosial) merasakan dirinya sangat cemas terhadap perkataan atau perilaku mereka di hadapan orang banyak atau tempat umum, misalkan: berbincang di tempat umum dan kegiatan sosial setiap hari. Kecemasan sosial tidak sekedar merasa malu atau nervous sesaat atau sebelum berbicara di tempat umum. Kekhawatiran rasa takut yang terasa dapat dirasakan bahkan sebelum acara dimulai sebulan, seminggu bahkan baru wacana. Hal ini menyebabkan denyut jantung seolah berdetak lebih cepat dan membuat penderita susah fokus dan konsentrasi.

Di kehidupan sehari-hari sebagian orang takut dengan kondisi satu atau beberapa jenis keadaan atau situasi sosial. Sebaliknya bagi penderita kecemasan sosial banyak keadaan menyebabkan stres. Situasi itu membuat kehidupan sehari-hari menjadi terganggu karena kecemasan dan stres yang menghantui. Hal ini biasanya berdampak pada pekerjaan sehari-hari atau untuk anak-anak mampu mogok sekolah untuk selamanya.

Seperti Apa Gejala Kecemasan Sosial Pada Orang Remaja atau dewasa?

  • Rasa ketakutan yang muncul terus menerus dan tidak masuk logika terhadap keadaan sosial yang melibatkan seseorang yang sudah dikenal atau belum.
  • Munculnya panik dan kecemasan berlebihan saat berada di situasi yang dicemaskan.
  • Dengan sadar dan menyadari bahwa ketakutan yang dialami berlebihan dan diluar logika.
  • Lebih suka menghindari situasi yang ditakuti atau tetap bertahan dalam keadaan cemas berlebih.
  • Dalam setiap mengantisipasi situasi yang membuat cemas atau takut berlebihan selalu menyebabkan kegiatan terganggu.
  • Munculnya rasa khawatir terhadap kecemasan.

Gejala Kecemasan Pada Anak-Anak

Kecemasan-sosial

  • Munculnya kekhawatiran dipermalukan teman-teman muka umum.
  • Dalam mengekspresikan kecemasannya anak lebih Suka marah, sering menangis dan menghindari orang asing atau yang tidak dikenal.
  • Mengerti atau tidak bahwa kecemasan dan ketakutannya berlebihan dan tidak masuk akal.
  • Selama setengah tahun atau lebih sering cemas secara terus menerus terhadap penilaian situasi, misalnya takut berbicara di seperti harus berbicara didepan kelas.

Apa Penyebab Kecemasan Sosial?

Banyak faktor yang menjadi penyebab kecemasan sosial. Kecemasan sosial itu muncul akibat dari tekanan lingkungan kerja, pengalaman buruk, kesehatan, tekanan dari orang-orang sekitar melihat kejadian yang menakutkan seperti berita kriminal dll. Namun yang paling mengerti biasanya ialah penderita gangguan kecemasan sosial itu sendiri, dengan menceritakan apa yang sebenarnya dialami.

Langkah Mendiagnosis Kecemasan Sosial Bagaimana?

Cara mendiagnosa kecemasan sosial biasanya yang dilakukan terapis, psikiater dan atau dokter yaitu dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan meliputi gejala-gejala yang dirasakan. Pertanyaannya biasanya berupa pertanyaan emosional, psikologi, dan pengalaman masa lalu untuk melihat kesehatan mental Anda. Setelah semua pertanyaan dijawab dengan jujur dan baik maka akan dianalisa untuk melihat kesehatan kondisi mentalnya. Selain menganalisa secara mental kadang terapis juga akan memeriksa urine jika diperlukan.

Solusi Pengobatan Kecemasan Sosial?

Kecemasan-sosial-1

Solusi kecemasan sosial sangat mudah dan simple. Pada dasarnya kecemasan sosial dapat disembuhkan dengan cara terapi, misalnya terapi hipnosis, relaksasi, konseling dan pengobatan kimia atau herbal.

Untuk pengobatan kecemasan sosial sebaiknya Anda memilih terapis yang sudah berpengalaman dan ahli. Carilah pengobatan yang menggunakan obat-obat alami dan terapi hipnosis yang tidak memiliki efek samping di masa yang akan datang. Saya akan tunjukkan link website yang bagus untuk solusi pengobatan kecemasan sosial (www.terapikecemasan.com). Didalam website tersebut dijelaskan dengan detail langkah dan metode pengobatan, mulai dari psikis, fisik dan lingkungan. Jika dilihat dari metodenya hampir 90% dipastikan cocok untuk semua orang dan kalangan.