Perbedaan Kecemasan Berlebihan dan Kecemasan Biasa

Pernah kah Anda mengalami kecemasan berlebihan yang tiba-tiba datang?

perbedaan-kecemasan-berlebihanNah, kalo pernah adakah yang salah dengan kecemasan berlebihan yang Anda alami? baik dalam artikel ini akan kami jelaskan kepda Anda perbedaan antara kecemasan berlebihan (anxiety) dengan kecemasan normal atau kecemasan yang di alami kebanyakan orang pada umumnya.

Sebelum kami menjelaskan kepada Anda satu demi satu perbedaan kedua yang yang sangat berbeda jauh tersebut kami akan berikan contoh sebagi berikut.

Contoh kasus 1, Ketika Anda ingin pergi di malam hari dan kebetulan tujuan Anda itu melewati sebuah kuburan. Tiba-tiba Anda teringat perkataan seorang teman Anda, yang mengatakan bahwa kuburan yang Anda lewati itu sangat anger dan sudah banyak orang yang melihat sesosok penampakan. Karena Anda teringat kemudian Anda khawatir, cemas, takut, dan berfikir jangan – jangan saya nanti saat lewat kuburan melihat penampakan sosok hantu itu. 

Contoh kasus ke 2 Dengan kejadian yang sama namun respon atau Anda berfikiran bahwa hantu itu pasti akan membunuh Anda, mencekik, mengikuti Anda, Anda keluar keringat dingin, tiba – tiba takut keluar, jantung berdebar lebih kencang dari pada biasanya karena hanya mengingat kejadian atau cerita teman Anda.

Bagaimana sudah bisa memahami perbedaan kecemasan berlabihan (anxiety) dengan kecemasan normal?

JIka belum, saya akan jelaskan dari kasus pertama Anda hanya merakasa takut atau cemas jika hantu itu memperlihatkan diri nya kepada Anda. dari kasus yang kedua kecemasan atau ketakutannya sudah diluar kontek misalnya takut mengikuti, takut di cekik, jantung berdebar.  Hal ini sudah keluar kontek dari apa yang menjadi dasar kontek kecemasan itu sendiri.  Jadi kecemasan berlebihan yang berbahaya bagi Anda itu jika rasa khawatir rasa takut itu sudah diluar logika, muncul perasaan takut mati, takut sakit, takut segala hal terhadap apa yang ingin Anda lakukan. Jika Anda mengalami hal yang semacam itu sebaiknya segera lakukan konsultasi kepada terapis kecemasan berlebihan agar tidak mengganggu aktivitas atau kegiatan sehari – hari Anda.

Kecemasan berlbihan itu memberikan dampak yang besar kedapa para penderita. Kecemasan berlebihan dapat mengakibatkan asam lambung naik, nafsu makan menurun, menarik diri dari pergaulan, takut kelaur rumah, fobia, bahkan dapat mempengaruhi kebutuhan seksual Anda. Kebutuhan seksual seperti impotensi, ejakulasi dini, dan mani encer.

Lalu langkah terbaik apa yang perlu Anda lakukan sebelum datang ke terapis? cobalah menerima diri Anda dengan keadaan Anda sekarang, kemudian ihlas dan lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Ingat agar terapis dapat menemukan cara terapi tebaik untuk Anda sebaiknya Anda jujur terhadap apa yang Anda alami selama ini.